Langkah Memulai Investasi Saham Yang Perlu Dipersiapkan Investor Pemula

Menabung saham merupakan salah satu program kepemilikan saham yang memudahkan Anda untuk membeli saham dengan modal kecil Dengan adanya program ini, pelajar ataupun orang yang tak memiliki penghasilan tetap pun dapat dengan mudah berinvestasi saham asalkan ada niat dan kedisiplinan. Tapi tahu gak sih kalo yang nguasain pasar modal kita 65% masih orang asing? Jadi pemodal dari luar negeri yang pegang saham perusahaan-perusahaan yang beroperasi dan jualan di Indonesia ini. Umumnya kita membutuhkan diversifikasi untuk memperoleh hasil maksimal dengan risiko lebih terkontrol. Terkadang malah kita hanya perlu menggunakan satu saham yang kita pantau dengan baik. Untuk melakukan ini, dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan lebih jauh tentang investasi saham.
Kunci utama dalam berinvestasi saham adalah dengan memahami seluk beluk perusahaan tersebut. Rifanfinancindo Berjangka harus memahami seperti apa laporan keuangan mereka atau bagaimana keadaan perusahaan tersebut. Lakukan monitoring pada berita-berita mengenai perusahaan tersebut untuk mengetahui apakah perusahaan itu bertumbuh dan berkembang dengan sehat atau justru malah membawa kerugian. Cari tahu juga mengenai rencana ke depan perusahaan tersebut, apakah akan melakukan ekspansi bisnis dan mengakuisisi perusahaan baru atau sedang mengalami penyusutan bisnis.
Harganya cenderung stabil dan terus meningkat, jarang terjadi fluktuasi seperti pada investasi saham. Bertransaksi saham secara langsung. Selain berinvestasi saham melalui reksadana, kita bisa langsung membuka rekening saham sendiri dan membeli atau menjual saham langsung. Seluk beluk membuka rekening saham dijelaskan lengkap di sini. Return on Equity didapat dari perbandingan laba bersih perusahaan (net profit) dengan asetnya (ekuitas atau modal). Rasio ini mengukur berapa banyak keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan untuk setiap sen modal yang disetor oleh pemegang saham. Rasio ROE idealnya tumbuh sebesar 10% per tahun.
Rifan Financindo , penjual dan pembeli saling bertemu dan berbisnis. Demikian pula, pasar saham adalah pasar bagi para pembeli dan penjual saham. Sebelum pasar saham berkembang hingga seperti sekarang, saham diperjualbelikan lewat para pialang di kafe-kafe dan di pinggir jalan. Perdagangan di bawah pohon platan di 68 Wall Street adalah awal terbentuknya Bursa Efek New York (NYSE). Sekarang, ada pasar saham di banyak negara. Pada setiap hari kerja, setiap jam, ada pasar saham yang buka di suatu tempat di dunia.
Selain limited liability, para pemegang saham juga hanya memiliki residual claim, ketika PT mengalami pailit. PT Rifan Financindo Berjangka lain, para pemegang saham berada pada prioritas terendah ketika PT mengalami likuidasi akibat pailit. Jika hasil likuidasi masih ada sisa setelah melunasi kewajiban-kewajiban dengan pihak lain seperti karyawan, supplier, dan kreditur, maka para pemegang saham dapat memperoleh sisanya. Dengan kata lain, sesial-sialnya, para pemegang saham tidak mendapatkan kembali modal yang ditanamkannya.