Alternatif Pembiayaan Efektif Dalam Pembangunan Infrastruktur Oleh Evalina Vialita

Dalam sambutannya, Darmin memaparkan dari tahun 2015 hingga tahun 2019, pemerintah menargetkan untuk membangun berbagai macam infrastruktur seperti 1.800 km jalan tol, 2.159 km kereta api antar kota, 24 pelabuhan baru, 15 bandara baru, serta 35.000 MW pembangkit listrik. Sumber dana Financial institution Wakaf Mikro ini berasal dari para donatur dalam bentuk wakaf yang tercatat secara kelebagaan resmi. Selain itu, untuk mengakomodasi pembiayaan pembangunan infrastruktur, saat ini OJK juga sedang merumuskan peraturan mengenai Dana Investasi Infrastruktur, yang nantinya dapat menyalurkan dana investasi kepada proyek-proyek pengembangan infrastruktur publik, baik yang masih berstatus greenfield (praproduksi) maupun yang sudah berjalan.
Keuangan dalam dan luar negeri, yang ditandai dengan semakin banyaknya negara yang menerbitkan instrumen pembiayaan berbasis syariah dan semakin meningkatnya jumlah investor dalam instrumen keuangan syariah, Indonesia perlu memanfaatkan momentum melalui penerbitan SBSN baik di pasar domestik maupun di pasar internasional sebagai alternatif sumber pembiayaan.
Kegiatan yang mengusung tema Pasar Modal Sebagai Sumber Pendanaan Industri Di Sektor Kelautan dan Perikanan” ini menghadirkan Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK Nurhaida, Gubernur Jawa tengah, Pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kepala Kadin Provinsi Jawa tengah, para Direksi Perusahaan di Sektor Perikanan dan Kelautan dan sektor terkait lainnya, serta Akademisi dari Universitas di Semarang dan sekitarnya.
Hal itu menjadi positif, sam­bung Paul, mengingat industri pasar modal memiliki karakteristik sebagai sumber pembiayaan di luar perbankan. Pasar modal yang dalam dan likuid merupakan solusi untuk ketersediaan pendanaan yang masif dan jangka waktu yang panjang, sehingga ‘liquidity mismatch’ dapat teratasi karena pendanaan dapat disesuaikan dengan jangka waktu proyek infrastruktur,” katanya.
Selain pasar modal, sambung dia, sektor jasa keuangan nasional juga diarahkan untuk turut mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur. Juga perusahaan asuransi dalam menyediakan produk-produk penjaminan untuk proyek-proyek infrastruktur guna memberikan kepastian terhadap pembayaran kepada kontraktor maupun investor. OJK akan memprioritaskan berbagai kebijakan untuk meningkatkan peran industri pasar modal guna mendukung pembangunan, menjaga stabilitas sistem keuangan serta peningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Toh kami percaya bahwa pemerintahan Widodo berada pada jalur yang benar dalam hal pembangunan infrastruktur: pemerintah dengan semangat meningkatkan pengeluaran untuk pembangunan infrastruktur melalui anggaran negara (dan melalui badan usaha milik negara, BUMN), sambil berupaya meningkatkan iklim investasi melalui deregulasi dan dengan mendukung pengembang proyek infrastruktur utama yang mengalami masalah pembebasan lahan.
Hal ini dikarenakan impression dari pembangunan infrastruktur berdimensi jangka panjang, namun apresiasi perlu kita berikan mengingat tahapan awal dalam mentransformasikan ekonomi Indonesia fondasinya telah berhasil diletakkan, dan secara bertahap telah mulai pula dirasakan manfaat ekonomisnya, ditandai dengan meningkatnya daya saing Indonesia pada 2017 dimana infrastruktur menjadi salah satu tolok ukur peningkatan daya saing tersebut.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Ia mengusulkan Direktorat Jenderal Pajak untuk merelaksasi pajak beberapa instrumen investasi di pasar modal dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur sehingga diminati investor baik asing maupun domestik. Obligasi maupun suku bunga dengan whole dana yang diperoleh melalui pasar modal selama tahun 2016 sebesar Rp 79,14 triliun. Tantangan financing juga akan dihadapi bank syariah, yaitu dengan munculnya lembaga-lembaga keuangan asing multinasional yang membeli (akuisisi) perusahaan pembiayaan swasta di Indonesia.
Maka forum yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FKP3K) ini diharapkan dapat memberi solusi pada kita,” imbuhnya. Ditekankan bahwa tujuan penyelenggaraan Forum Bisnis adalah untuk menawarkan berbagai peluang investasi dan mendorong arus masuk investasi Spanyol ke Indonesia, di bidang infrastruktur maritim, khususnya di sektor industri perikanan, industri perkapalan, dan pariwisata bahari, serta pembangunan infrastruktur di pelabuhan transit.
Ayat (2) Penunjukan pihak lain oleh Financial institution Indonesia sebagai agen penata usaha untuk melaksanakan kegiatan penatausahaan, harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan Menteri dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan di bidang pasar modal. Pasar perdana adalah penjualan perdana saham dan obligasi oleh emiten kepada para investor, yang terjadi pada saat IPO (Preliminary Public Providing) atau penawaran umum pertama.