Berita Tentang Rupiah Hal.2

Apindo meminta pemerintah tidak panik menanggapi penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah belakangan ini. Maka itu pengusaha itu butuh agar rupiah stabil, ini harus jadi prioritas,” tegas Erwin. Ini membuat nilai rupiah tergantung pada kepercayaan investor asing terhadap prospek bisnis di Indonesia. Kemudian siklus hidup komputer yang kunjung lama dibandingkan begitu cepat silih bergantinya ragam produk gadget beredar di pasaran disertai tingginya minat konsumen semakin membuat pamor ranah komputer desktop kian terpuruk.
Mau rupiah melemah,nau BBM naik , urusanmu ,yg penting kami masih bisa makan ,percuma jg teriak toh mereka gk kenal kita kok ,sudah sejak jaman dulu pemerintah mau memakmurkan rakyat , bukan di era Jokowi aja ,tapi kenyataan belum ada yg bisa ,klo sampai BBM bersubsidi jadi naik itu nyiksa km , sekarang aja nyari duit susah nya setengah mati Apa klo BBM jadi naik , tolong lhkami cuma rakyat kecil.
Anggota DPR Dapil Banten ini merasa perlu mewarning pemerintah karena kondisi asumsi dan realitas pelemahan rupiah bisa dipastikan akan berdampak terhadap belanja subsidi BBM, listrik serta pembayaran pokok maupun bunga utang yang semakin menumpuk. Padahal, selain memiliki cadangan devisa terbesar di dunia, China sebenarnya justru menikmati” apresiasi USD yang kian menyebabkan kenaikan daya saing produk-produknya terhadap AS.
Rully menuturkan, nilai tukar rupiah tembus di kisaran 14.000 ini agak mengkhawatirkan. Fadli Zon mengatakan, meskipun selalu disangkal oleh pemrintah, dirinya menilai Indonesia saat ini berada di tahap awal krisis, dimana pemerintah gagal dalam menjaga stabilitas rupiah. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan, jika dilihat secara point to point (ptp), rupiah terdepresiasi sebesar 1,52 persen dan ditutup pada level Rp11.855 per dolar AS.
Di awal Januari 2018, rupiah masih bertengger di stage Rp13.300 per dolar AS. Namun, di awal Maret 2018, nilai tukar rupiah terdepresiasi hingga Rp13.800 per dolar AS. Nilai wajar Rupiah saat ini sekitar Rp 9.300 per dollar AS. Namun kini justru melemah hingga di atas Rp 9.500 per greenback AS,” tambahnya. JAKARTA, - Kepala Ekonom Danareksa Analysis Institute Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan ada empat sebab nilai tukar Rupiah melemah.
Selain itu, Rizal juga menyoroti upaya pemerintah menyikapi pelemahan rupiah dengan pengendalian 900 komoditas impor barang konsumsi. Jika mau memosisikan pelemahan rupiah yang sama dengan keadaan 1998, rupiah bisa mencapai Rp47.241 per dolar. Namun dibantah menteri keuengan dan gubernur bank sentra padahal indikasinya sederhana yaitu present deficit BI sudah begitu besar dan akan membuat rupiah anjlok.
Demikian pula, untuk lebih meningkatkan efektivitas pengendalian moneter serta kapasitasnya sebagai lender of the last resort, dalam Pasal 11 dinyatakan bahwa pemberian kredit oleh BI kepada financial institution dibatasi. Namun, jika keterpurukan nilai tukar rupiah ini terjadi untuk waktu yang lama, kesepakatan ini tampaknya belum mampu menyelamatkan Jokowi dari serangan kurs Paman Sam.
RF-BERJANGKA
Penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS berakibat besar pada perusahaan besar yang banyak meminjam dana dari luar negeri. Selain itu, pihaknya memprediksi bahwa nilai tukar rupiah tahun depan juga masih memiliki ruang untuk rebound meski diakuinya ekonomi Indonesia masih terbilang slowdown. Sehingga ia memprediksi rupiah akan kembali menguat di level Rp 9.500 per dollar AS di pertengahan tahun hingga akhir tahun 2013.
Meskipun ini adalah upaya mendongkrak nilai rupiah dalam jangka pendek, namun jika dengan dibarengi semangat nasionalisme tinggi, maka tindakan kecil ini pun akan mempengaruhi psikologis pelaku pasar. Namun jika harus membandingkan, dia menilai faktor fundamental politik saat ini yang paling berjasa menopang penguatan rupiah hingga ke kisaran 11.600-an hari ini.
Bank Indonesia dan pemerintah terkesan kurang memberikan respon yang cepat untuk mengatasi kejatuhan rupiah. Jadi, kenaikan harga minyak dunia berkontribusi terhadap depresiasi rupiah. Sepanjang Selasa pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.780-14.938 per dolar AS. Rupiah pun sudah melemah 10,18 persen sejak awal 2018. Presiden Joko Widodo menegaskan, pelemahan nilai tukar terhadap greenback Amerika Serikat bukan hanya terjadi terhadap rupiah saja, tetapi juga mata uang negara lain.