Data AS Bervariasi, Harga Minyak Menguat

Texas - Kerusakan infrastruktur minyak di Gulf Coast akibat Badai Harvey tampak tidak sebesar yang dikhawatirkan banyak orang. Kondisi ini secara relatif justru mengungkit harga emas untuk bertahan dan berangsur naik. Dari pernyataan Bush itu jelas, bahwa Bush menetapkan rasio maksimal yang mungkin dikurangi dari impor minyak Timur Tengah adalah 75% pada tahun 2025. Di luar OPEC, Amerika Serikat malah meningkatkan produksi mereka di saat harga minyak jatuh dam membawa negara konsumen minyak terbesar di dunia tersebut menjadi produsen terbesar saat ini.
Investasi Saudi yang paling mungkin adalah di sektor industri minyak dan petrokimia. Oleh karenanya, tidak mudah bagi produsen minyak untuk menurunkan jumlah produksi minyak meskipun harga minyak turun drastis, karena akan membuat mereka semakin menderita. Minyak mentah acuan global tersebut naik sekitar 18% tahun lalu untuk kenaikan tahunan kedua. Kondisi ini membuat tensi geopolitik di wilayah produsen minyak itu tak memanas lagi.
Maybank Tercatat Sebagai Bank Pertama Rilis Kartu Debit Berlogo Nasional
Kali ini dolar Australia masih negatif perjalanannya, namun sebetulnya sempat menguat tadi pagi setelah harga minyak dunia terus mengalami penguatan harga. Sumber dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak telah menunjukkan bahwa anggotanya semakin mendukung perpanjangan pengurangan produksi tetapi ingin dukungan dari produsen non-OPEC minyak, seperti Rusia, yang belum melakukan pengurangan sepenuhnya.
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai
Selain itu, tingkat kepatuhan anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dalam memangkas produksi juga diekspektasikan masih tinggi. Harga minyak WTI terus menguat selama empat hari beruntun ini setelah data Energy Information Administration (EIA) menunjukkan, stok minyak mentah komersial turun 1,1 juta barel per hari pada pekan lalu. Maka yang terjadi adalah sanksi embargo distribusi minyak terhadap Iran oleh Uni Eropa yang kian memuncakkan ketegangan dengan negara penghasil minyak tersebut.
Baca juga: Harga minyak turun setelah persediaan AS meningkat New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia turun tajam pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan kenaikan jumlah rig minyak di Amerika Serikat. Maklum, harga minyak yang melonjak tinggi akan menyulitkan negara-negara net importir minyak bumi. Minoritas Syiah di Saudi yang sebagian besar hidup di daerah-daerah kaya minyak, selama ini sangatlah ditindas selama puluhan tahun dan dicap sebagai ancaman dalam negeri.
Pada Rabu pekan ini, kedua tolak ukur harga minyak ini menyentuh level tertinggi sejak akhir 2014, setelah Presiden AS Donald Trump mengingatkan bahwa rudal Amerika akan segera meluncur sebagai respons atas dugaan penggunaan gas kimia di Suriah. Pada umumnya, senyawa hidrokarbon aromatik ini terdapat dalam minyak bumi yang memiliki jumlah atom C besar. Asumsi dasar di sini, yang lazim pada banyak diskursus politik air Timur Tengah, adalah bahwa, meski air tidak masuk sorotan publik sebanyak isu pertikaian etnis, senjata pemusnah masal, minyak, terorisme, dan sebagainya, ini tetap bernilai geopolitik sangat besar meski umumnya kurang diakui.
Tujuannya, dalam waktu 14 tahun Saudi bisa mengembalikan kondisi ekonomi dengan mengandalkan sektor-sektor lain selain minyak. Selain itu, pelemahan mata uang dolar AS juga turut mempengaruhi harga minyak. Pada tahun 1945, Raja Abdulaziz bin Abdelrahman Al-Saud, pendiri negara Arab Saudi, memulai program ekstensif untuk membangun sekolah-sekolah di Kerajaan. Iran sendiri telah mengumumkan akan mengadakan lelang pertama bagi perusahaan migas internasional dalam mengembangkan ladang minyak dan gas alam di negaranya.
115 Bank Terbitkan Kartu Debet GPN Akhir April
PT RIFAN FINANCINDO - Pernyataan The Fed yang bernada dovish pada pertemuan FOMC pekan lalu berhasil melambungkan harga emas. Sebaliknya, bila dolar menguat, para investor buru-buru melepas aset mereka dalam perdagangan minyak. Presiden AS Donald Trump mengancam akan menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional 2015 dengan Teheran di mana ekspor minyak Iran telah meningkat.
1. Penghitungan statistik yang dikeluarkan oleh Departemen Energi AS pada bulan Januari lalu menyatakan, bahwa negara-negara sumber minyak utama yang diimpor ke AS secara berurutan adalah Kanada, Meksiko, Saudi Arabia, Nigeria dan Venezuela. Sentimen Yunani mempengaruhi pergerakan harga minyak di awal pekan ini. Selain itu, sentimen kenaikan pajak impor CPO di India juga masih menjadi faktor yang menekan harga.
Harga emas sedikit menguat pada perdagangan sore hari Senin, didorong oleh penurunan indeks dolar AS dan pasar saham AS. Emas sempat mendapatkan sedikit kerugian di perdagangan semalam, berdasarkan beberapa penjualan teknis. Harga minyak mentah AS turun menjadi hampir $40 (Rp 555 ribu) per barel pada hari Kamis, terendah sejak krisis keuangan global tahun 2009, karena pasokan meningkat di Amerika Utara dan Timur Tengah, menjadikan persediaan minyak mencapai rekor tertinggi.