Di 2018 Sudah Tiga Kali Pemerintahan Trump Hadapi Shutdown

Pagi ini saya mendengar kabar tentang ditolaknya anggaran tambahan oleh Home of Representatives Amerika Serikat (AS), dalam sistem anggaran di AS setiap pengesahan anggaran untuk tahun anggaran berikutnya harus disetujui oleh Senat, Parlemen dan Presiden, namun hingga batas akhir pengesahan hal itu (pengesahan) tidak terjadi, permasalahan ini akibat dari permasalahan politik yang berakibat terjadinya pertarungan anggaran, Obama Care sebuah program kesehatan dimana Senat AS yang dikuasai oleh partai Demokrat menolak menghilangkan program Obama Care, dimana House of Representatives yang dikuasai partai Republik menginginkan program itu dihilangkan dalam setahun terakhir pemerintahan Obama ini, tawar menawar terjadi hingga batas akhir anggaran yaitu 1 (satu) Oktober dan berakibat mandeknya pemerintahaan AS dan 800.000 (delapanratus ribu) pegawai pemerintah akan mendapat liburan tanpa gaji. Rumput itu berpagar dan ditutup selama shutdown pemerintah AS tahun 2013. Contohnya hantu vampire, dracula, warewolf di Amerika tidak ada di Indonesia yang sebaliknya memiliki Kuntilanak, Gendoruwo, wewe gombel dan lain-lain. Dan ketika itulah pasar saham dunia mulai wanti-wanti tentang kemungkinan bahwa Amerika akan default atau semacamnya, padahal sebenarnya itu semua cuma politik.
Tidak terlihat khawatirnya masyarakat dunia dan pengaruh yang sangat minim ke negara-negara lain disebabkan pula karena government shutdown lebih menjurus ke anggaran-anggaran yang tidak bersifat strategis. Akibat pendirian keras kedua pihak, pemerintah federal AS kembali berada di ambang penutupan (authorities shutdown) dan terpaksa menutup pelayanan publik.
Pemerintahan federal Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Barack Obama akhirnya menutup pemerintahan pertama kalinya dalam hampir dua dekade ini karena anggaran belum disetujui. Jumlah peristiwa penembakan massal di Amerika Serikat mengalami penurunan selama 2018, tetapi dari jumlah korban mengalami kenaikan. Ada beberapa visa yang dapat diusahakan untuk mendapatkan legalitas di Amerika Serikat, seperti visa F1 (visa studi), visa EB1 sampai EB5 (non permanent staff), visa H1-B (visa kerja), dan berbagai visa lainnya.
PT RIFAN SOLO
Pada April 2011, atau beberapa bulan sebelum debt ceiling dinaikkan, S&P sebenarnya sudah mengumumkan bahwa mereka kemungkinan akan menurunkan ranking Amerika Serikat, dengan pertimbangan bahwa Amerika mengalami defisit sebesar eleven% dibanding PDB-nya, dan jumlah utangnya kini mencapai lebih dari eighty% PDB, dimana dua indikator tersebut relatif buruk jika dibandingkan dengan negara-negara lain dengan rating AAA.
Isu yang berkembang di Amerika sendiri, penghentian pelayanan pemerintahan AS saat ini seakan menjadi ajang balas dendam. Direktur Utama BEI, Tito Sulisto memprediksi, shutdown yang terjadi kali ini mungkin sedikit lebih lama dibandingkan pada masa Barack Obama. Tapi akibat yang terjadi banyak ratusan kasus bunuh diri terjadi setelah lagu itu diputar di radio2 Inggris, Amerika maupun Hungaria.
Trump meminta dana 5 miliar dolar untuk pembangunan tembok di sepanjang perbatasan Amerika-Meksiko. Ayo warjager kita urunan one thousand perak, nanti kita kasihkan pemerintah amerika, kasihan amat tuuh…. Namun, pengamat Indef ini memperkirakan bila shutdown berlangsung cukup lama, maka kinerja perdagangan Indonesia ke AS bisa terganggu. Masalah yang dihadapi Amerika saat ini sebenarnya bukanlah masalah yang Ekonomi, melainkan masalah Politik, karena kongres Amerika belum menyetujui rancangan APBN yang diajukan oleh pemerintah.
Dilansir Reuters, 23 Januari 2018, kesepakatan akhirnya dicapai dan pemerintah memutuskan shutdown akhirnya dicabut. Sebaliknya, shutdown akan benar-benar berdampak dan menjadi yang kedua kalinya di 2018 ini, menyusul penutupan selama tiga hari pada Januari lalu. Baik Republik maupun Demokrat saling menyalahkan atas drama shutdown yang pertama dalam 17 tahun itu.
Ketika authorities shutdown berlangsung, ada beberapa cerita yang terdengar, seperti kekhawatiran Senator Jim Inhoffe tentang bagaimana hidup tentara yang bisa tak bergaji akibat shutdown, dan juga ada cerita tetang Congressman Scott Taylor, ex dari Navy Seal yang berhati mulia, yang menyatakan bahwa ia bersedia mendonasikan gajinya di Kongres untuk militer dan veteran selama shutdown berlangsung.
Hal yang paling ditentang oleh partai oposisi adalah mengenai kebijakan asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat miskin Amerika atau yang dikenal dengan nama Obamacare. Firma hukum yang berbasis di Washington, Burakiewicz, Kalijarvi, Chuzi, Newman & Fitch, dan Federasi Pegawai Pemerintah Amerika, serikat pekerja federal terbesar, memprakarsai pengaduan tersebut ketika penutupan memasuki minggu kedua.
Perusahaan ini, mengkhususkan diri untuk membuat replika sportcar ikonis asal Amerika Serikat. Amerika pun sekarang tidak bisa lagi bergaya laksana One Man Present” akibat krisis yang menimpa Amerika, negara ini harus siap untuk melihat dan menerima negara-negara lain untuk tampil di pentas dunia. Jika Kongres gagal mencapai kesepakatan memperpanjang pembiayaan layanan pemerintah AS, maka shutdown bisa terjadi lagi pada hari Kamis yang jadi batas akhir habisnya biaya operasional layanan pemerintah.