Kurs Rupiah Capai 15.000, Gerindra Sebut Jokowi Bisa Mundur

Berita terbaru tentang kondisi nilai tukar rupiah terhadap mata uang lain. Kisah uang dan nilai tukar di zaman kuno ini, menjadi catatan pinggir yang menarik untuk dibahas beberapa hari terakhir, khususnya ketika menyaksikan nilai tukar rupiah yang telah mencapai Rp 14.000 per greenback Amerika Serikat (AS). Terlebih, bukan hanya mata uang rupiah saja yang melemah. Tak cuma rupiah, mata uang sejumlah negara di Asia juga belum bisa rebound.
Dalam konteks Indonesia, pelemahan Rupiah yang begitu masif dalam dua bulan terakhir ini jelas bukan berasal dari persoalan fundamental kita. Peluang Fed menaikkan bunga kian terbuka seiring dengan membaiknya sejumlah data ekonomi AS. Sentimen ini pun kembali menekan rupiah. Selain itu, Bhima mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah juga dipengaruhi oleh krisis ekonomi di Turki dan Argentina.berita nilai tukar rupiah hari ini
PT.RIFAN FINANCINDO
Pelemahan nilai tukar rupiah berakibat pada naiknya harga-harga barang di pasaran. Kalau kita hubungkan antara pelemahan Rupiah dengan pergerakan IHSG, memang terdapat korelasi antara nilai tukar Rupiah dengan IHSG. Ingat di tahun 2013 Rupiah bergerak melemah dari Rp9.000-an ke Rp12.000-an (melemah Rp3.000-an), dan di tahun 2015 Rupiah bergerak melemah dari Rp12.000-an ke Rp15.000-an (melemah Rp3.000-an).
Karena, faktanya, sejak tahun 2000, nilai tukar rupiah memang cenderung melemah. Sementara dari dalam negeri struktur ekonomi dan pasar uang Indonesia yang mirip-mirip dengan Malaysia turut berpengaruh terhadap pelemahan kurs. Josua menambahkan, meningkatnya ketegangan antara Turki dan AS memperburuk kondisi perekonomian Turki yang mengalami pelemahan terindikasi dari pelebaran defisit transaksi berjalan menjadi 6,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) pada kuartal I tahun ini, diikuti kenaikan inflasi mencapai 15,eighty five persen.
Ini lebih disebabkan oleh sentimen eksternal berupa perang dagang sehingga memicu apresiasi dolar AS terhadap berbagai instrumen mata uang negara-negara lain termasuk rupiah,” ujar Nafan. Kalau analisa dari aspek politik, melemahnya rupiah ada indikasi negara asing seperti Amerika ingin Jokowi tidak dua periode,” kata Pigai. Rupiah melemah, BBM naik, dan daya beli masyarakat juga rendah.
Untuk bisa mengatasi makin melemahnya rupiah, Darmin berujar pemerintah berupaya memperbaiki neraca perdagangan Indonesia yang defisit dalam tiga bulan terakhir. Namun, harus diakui juga bahwa lambatnya Indonesia untuk melakukan transformasi ekonominya turut berkontribusi pada pelemahan rupiah. Gerak rupiah pada hari ini hingga akhir pekan mendatang diprediksi masih akan melanjutkan pelemahan.
Indonesia bahkan bukan yang paling buruk di antara hampir semua negara yang melemah terhadap USD. Pernyataan ini secara tersirat menjelaskan ada makna politis di balik pelemahan nilai mata uang garuda tersebut. Apabila rupiah semakin terdepresiasi, akan mengorbankan pertumbuhan ekonomi karena mengakibatkan perkembangan bisnis terkendala. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini mencapai Rp 14.036 berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Price (Jisdor), melemah dibandingkan hari sebelummya yang menyentuh Rp 13.956.
Apalagi, Indonesia bukan kali pertama menghadapi kondisi Rupiah. Di pasar valas, Financial institution Indonesia meningkatkan efektivitas penyediaan swap valas baik dalam rangka operasi moneter maupun dalam rangka lindung nilai (hedging) dengan tingkat harga yang lebih murah. Sebelumnya, Ekonomi Heart of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dinilai tidak terlalu mengkhawatirkan.
Sementara itu, ekonom Permata Bank Josua Pardede menilai penguatan dolar Amerika hanya bersifat sementara.Penguatan ini ditopang oleh pergerakan harga minyak dunia. Financial institution Mayora juga memilih untuk meningkatkan perolehan dana murah alias tabungan denominasi rupiah, untuk mempertebal pendapatan berbasis komisi (price based revenue) yang dapat menyumbang pendapatan usaha perseroan.
Bagi saya, masyarakat biasa, yang dibilang kaya tidak, namun dibilang miskin juga lumayan, melemahnya nilai tukar Rupiah atas Greenback Amerika Serikat sampai hari ini belum saya rasakan. JAKARTA - - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus mengalami pelemahan. Menurutnya, seharusnya ada perbandingan yang dilakukan dengan negara lain untuk menilai kekuatan ekonomi Indonesia saat ini.berita nilai tukar rupiah hari ini