Potensi Kopi Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang dilalui garis khatulistiwa. Sebagai contoh pengembangan perkebunan kelapa sawit yang hingga saat ini dinilai masih kurang optimal walaupun Indonesia telah berhasil meraih penghargaan sebagai Negara penghasil minyak sawit terbesar di Dunia, yang produksi minyak sawit bersertifikat Indonesia mencapai 2,7 juta metrik ton atau forty five persen dari whole produksi dunia yang mencapai 6 juta metrik ton.10 energi terbarukan di indonesia
RF BERJANGKA
Dengan data ini dapat dibuat suatu alat yang bisa mengubah energi gelombang laut menjadi energi listrik. Potensi energi terbarukan di Indonesia cukup besar,” kata Rasmus. Dari Sabang sampai Papua dan di sepanjang garis pantai yang membentang luas, Indonesia memiliki potensi energi matahari (surya), panas bumi (geothermal), air (hydropower), angin (bayu), bioenergi, serta tenaga gelombang dan arus laut yang melimpah dan permanen.
Dengan besarnya rata-rata potensi energi matahari di Indonesia, sudah selayaknya pengembangan pembangkit listrik tenaga surya ( PLTS ) menjadi prioritas. Masih banyak sederet negara sejahtera dan maju yang tidak memilih nuklir sebagai sumber energinya. Sehingga, manfaat energi angin di Indonesia belum berjalan sepenuhnya. Selain itu, pemerintah juga berkomitmen merealisasikan penyediaan listrik sebesar 35.000 Megawatt (MW) dan akan membangun 109 pembangkit listrik dalam jangka waktu 5 tahun (2014-2019), agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati listrik.
Selain mendominasi wilayah di bumi ini, laut juga mempunyai banyak potensi pangan (beranekaragam spesies ikan dan tanaman laut) dan potensi sebagai sumber energi. Kita punya energi baru yang bisa dimanfaatkan, diantaranya energi surya, angin, dan laut,” kata Nur. Pemanfaatan energi terbarukan arus laut untuk pengembangan wilayah pesisir. Surya mengatakan, pemerintah harus membuat Undang-Undang (UU) energi terbarukan agar segala hal mengenai pengembangan EBT di Indonesia punya dasar hukum yang kuat.
Walaupun dalam APBN, anggaran untuk pengembangan energi nasional selalu dinaikkan, tahun anggaran 2011 naik hampir a hundred persen dari tahun sebelumnya. Sayangnya, 90% energi di Indonesia masih menggunakan energi berbahan fosil dan sisanya, kurang dari 10% yang memanfaatkan sumber energi terbarukan,”kata Menteri LHK. Menurunkan biaya produksi dalam pengembangan energi terbarukan.
Sebagaimana kita ketahui, Indonesia berada dijalur khatulistiwa yang diberkahi energi surya yang berlimpah sepanjang tahun diseluruh wilayahnya. Setelah sekian lama Indonesia mengandalkan batu bara sebagai sumber energi listrik yang tidak ramah lingkungan, pemerintah pada akhirnya memulai langkah baru di dalam memberdayakan energi listrik terbarukan. Tim tersebut juga menghitung luas lahan dan atap yang dibutuhkan, serta saran mereka untuk setiap negara agar bisa mengurangi tuntutan energi dan biaya jika dibandingkan skenario sumber tenaga yang ada saat ini.
Seperti energi panas bumi atau geothermal, dengan posisi Indonesia yang berada di daerah cincin gunung berapi (The Ring of Fireplace”) ada berbagai daerah vulkanis di berbagai sudut Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit energi. Pertanyaan berikutnya datang dari Bapak Medani yang menanyakan apakah I CARE Indonesia turut berkontribusi dalam menyelesaikan masalah di bidang energi terbarukan.
Sedangkan energi pasang surut (tidal), dikonversi dengan TAPCHAN wave energi device, ditemukan oleh Boyle pada tahun 1996. Banyak yang telah mengetahui bahwa Islandia adalah negara yang memiliki potensi sumber energi terbarukan yang sangat besar. Berdasarkan perhitungan ini dapat diprediksikan berbagai potensi energi dari gelombang laut di berbagai tempat di dunia.
Apabila biaya ini dibebankan kepada masyarakat, biaya untuk listrik dari energi terbarukan akan tetap mahal dan tetap sulit bersaing. Indonesia sebagai negara maritim yang terletak di antara dua samudera berpotensi tinggi memanfaatkan sumber energi dari gelombang laut. Baker Hughes dari perusahaan jasa energi Common Baker menyebut, hingga 4 Mei lalu, whole rig minyak AS mencapai 834 buah, tertinggi sejak Maret 2015.
Lebih jauh, kebijakan pengembangan sumber energi terbarukan di Indonesia sebenarnya sudah ada dan juga sudah lengkap. Masih di bumi Indonesia, lumbung fuel lainnya yang menjadi incaran perusahaan AS di jalur Indo-Aseanadalah Blok East Natuna. Energi listrik yang sangat potensial. Terbatasnya penggunaan potensi energi tenaga surya di Indonesia disebabkan karena kurangnya produsen sel surya dalam negeri dan kurangnya penerimaan masyarakat terhadap penggunaan teknologi ini.10 energi terbarukan di indonesia