Rupiah Dan IHSG Sesi Siang Kompak Jaga Tren Positif

Sejak pagi tadi, rupiah bergejolak kencang. Sementara itu, sektor saham industri dasar menguat 2,fifty four %, dan catatkan penguatan terbesar. Sepanjang perdagangan hari ini, rupiah bergerak di antara Rp 14.790 - Rp 14.948 per dolar AS. Rilis information tenaga kerja AS cukup menguatkan sentimen kenaikan Fed fee akhir tahun ini. Saham-saham yang bukukan penguatan terbesar antara lain saham ZONE melonjak 24,32 persen ke posisi Rp 690 per saham, saham GLOB menguat 24,18 persen ke posisi Rp 226 per saham, dan saham PADI menanjak 23,66 persen ke posisi Rp 810 per saham.
JAKARTA sindonews- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) dihitung secara rata-rata masih di bawah Rp14.000 per USD sampai saat ini. Sri Mulyani menjelaskan, nilai tukar rupiah yang rata-rata di bawah Rp14.000 tersebut dikarenakan terjaganya inflasi alias stabil. Tim Riset Indo Premier berpendapat, penguatan pada mayoritas bursa saham international dan IHSG kemarin, serta masuknya kembali dana asing di tengah aksi profit taking, berpotensi menggerakkan IHSG secara bervariasi dengan kecenderungan menguat.
Mayoritas mata uang di Asia menguat terhadap dolar AS pagi ini, dipimpin gained Korea Selatan yang terapresiasi zero,24%. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik zero,41 poin atau 0,05% menjadi 898,36.”IHSG bergerak menguat setelah mengalami penurunan cukup dalam pada pekan lalu,” kata Analis senior CSA Analysis Institute, Reza Priyambada.
Sementara itu, nilai tukar rupiah terpantau lanjut menguat 66 poin atau 0,forty five% ke stage Rp14.599 per dolar AS pada pukul 09.26 WIB, setelah dibuka dengan apresiasi forty two poin atau zero,29% di stage Rp14.623 per dolar AS. Namun, BI menegaskan akan terus berada di pasar dan menjaga nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya. Buck menguat terhadap mata uang utama lainnya dalam dua sesi sebelumnya, setelah information menunjukkan penjualan ritel AS pada Desember dan aktivitas manufaktur wilayah New York pada Januari mengalahkan perkiraan pasar dan memicu spekulasi bahwa Fed akan terus memangkas stimulus moneternya.
WWW RIFAN BERJANGKA COM
Sementara nilai tukar rupiah diasumsikan Rp14.400 per dolar AS, suku bunga SPN three bulan rata-rata 5,3%, dan harga minyak mentah Indonesia diasumsikan USD70 per barel. Analis Panin Sekuritas William Hartanto memprediksi rupiah masih berpotensi menguat hari ini. Saham-saham yang menguat antara lain saham GOALS naik 31,forty three persen ke posisi 230 per saham, saham PDES melonjak 25 persen ke posisi 1.350 per saham, dan saham BCAP mendaki 24,81 persen ke posisi 322 per saham.
IHSG ditutup menguat zero.forty nine% atau 29.2 poin di level 5,975.43 pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan lalu. Nilai tukar rupiah di pasar spot menguat forty eight poin atau 0,33% ke level Rp14.496 per dolar AS. Perdagangan saham di bursa Wall Avenue pagi tadi berakhir dengan membukukan kenaikan signifikan, mengikuti tren kenaikan pasar ekuitas global yang didorong oleh meningkatnya kepercayaan bahwa Federal Reserve AS akan menunda kenaikan suku bunga.
Tim Riset Indo Premier berpendapat, pelemahan pada mayoritas bursa saham international, dan keluarnya dana asing, di tengah penantian akan paket kebijakan ekonomi IV yang akan dirilis hari ini, serta menguatnya nilai tukar rupiah berpotensi menggerakkan IHSG secara bervariasi dengan kecenderungan melemah. Quantity perdagangan tercatat sebanyak 2,072 miliar lembar saham senilai Rp1,37 triliun dengan saham yang ditutup menguat sebanyak 96 jenis, melemah 62 jenis saham, dan stagnan 71 jenis saham.
Selain itu, berdasarkan information kurs tengah Bank Indonesia, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Fee (JISDOR) USD terhadap rupiah diperdagangkan di level Rp13.326 per USD. Namun jika indeks berbalik menguat, berpeluang menguji resistance degree 5,845. Pergerakan IHSG yang tercatat menguat kali ini didukung oleh pergerakan saham di sektor internal, di mana sektor konsumer menguat tipis 9,9 poin.
Di kawasan Asia, rupiah menguat bersama renminbi China sekitar zero,14 persen. Saham misc-ind lain yang menguat +0,31 persen dan SRIL +zero,27 persen. Saham-saham yang menguat antara lain saham SAPX naik forty nine,60 persen ke posisi Rp 374 per saham, saham CITY melonjak 24,sixty eight persen ke posisi Rp 394 per saham, dan saham INTD mendaki 21,eighty two persen ke posisi Rp 268 per saham.
MESKI nilai tukar rupiah terus menguat, Financial institution Indonesia (BI) terus mewaspadai tekanan ekonomi eksternal dengan melancarkan intervensi ganda dan juga mempertimbangkan opsi kenaikan suku bunga acuan. Tujuh dari sembilan indeks sektoral IHSG berakhir menguat, dipimpin oleh sektor industri dasar dan kimia (+1.23%) dan sektor keuangan (+zero.95%).