Rupiah Semakin Ke Zona Merah Sumatera Ekspres

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, kondisi elementary perekonomian Indonesia saat ini dalam keadaan baik, meski di satu sisi terjadi depresiasi terhadap nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Meningkatnya kegiatan ekonomi tersebut cenderung mendorong terjadinya inflasi. Kredit perbankan dalam jumlah besar mengalir deras ke berbagai sektor usaha, terutama properti, meski BI telah berusaha membatasi. Sejatinya mereka yang berani bersikap tegas dan menjunjung tinggi objektifitas ini adalah para pemenang, bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk rakyat banyak meski konsekwensinya mereka diserang oleh pasukan khusus pembentuk opini yang berjumlah ribuan orang banyaknya.
Penurunan cadangan devisa pada Maret 2018 terutama dipengaruhi penggunaan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global. Oleh karena itu, pasar berpersepsi pijakan rupiah untuk terapresiasi tidak terlampau kuat karena minimnya sokongan devisa dari ekspor-impor barang dan jasa.analisa ekonomi makro 2018
JAKARTA sindonews - Financial institution Indonesia menyambut positif information inflasi dari Badan Pusat Statistik, yang merilis bahwa inflasi bulan Mei 2018 sebesar 0,21%. Pasalnya, rupiah terjun bebas untuk waktu yang lama sampai menembus Rp14.800 per USD, padahal cadangan devisa yang digunakan untuk menyelamatkan rupiah sudah banyak yang terbuang. Defisit nilai perdagangan Indonesia ini disebabkan defisit sektor migas sebesar US$ 0,60 miliar, meskipun sektor non migas surplus US$ 0,30 miliar.
Dampak negatif yang ditimbulkan antara lain, kurs rupiah terhadap greenback AS melemah pada tanggal 1 Agustus 1997, pemerintah melikuidasi sixteen bank bermasalah pada akhir tahun 1997, pemerintah membentuk Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang mengawasi forty financial institution bermasalah lainnya dan mengeluarkan Kredit Likuiditas Financial institution Indonesia (KLBI) untuk membantu bank-financial institution bermasalah tersebut.
PT.RIFAN
Tentu saja BI tetap masih harus mempertimbangkan target inflasi dan kebijakan ekonomi international. Eh tak tahunya di ujung pemerintahannya dia bukan bikin ketentraman dan kado manis bagi rakyatnya, malah memberi bom waktu berupa kenaikan harga BBM. BI, kata dia, tak tinggal diam ketika rupiah mencapai Rp13.800. Seperti diketahui, nilai tukar rupiah hari ini kembali menunjukkan pelemahan terhadap dolar AS. Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Charge (JISDOR) rupiah telah berada di kisaran Rp 10.723.
Mana ahli ahli keuangan yang waktu pemilu dolo ngomong kalau mr jokowi jadi presiden rupiah Rp. 10000,- dan para menyambutnya dengan sukacita, tetapi ……… semuanya hanya mimpi, subsidi BBM dicabut dengan alasan dananya untuk pembangunan infrastruktur, tapi kenapa pemerintah ngutang ke cina 500 an trilyun untuk pembangunan infrastruktur, terlanjurlah semua, kalau daya beli masyarakat dalam negeri tinggi mungkin kondisi ekonomi indonesia tidak seburuk sekarang.
Dampak dari pelemahan rupiah saat ini, kata Johnny, belum begitu besar. Saya rasa permintaan kredit mereka belum akan kuat di semester I tahun ini dan selanjutnya bagaimana perbankan harus siap bilamana ada permintaan kredit yang mendadak,” tukas Halim. Dengan adanya pemantauan tersebut diharapkan jika variabel-variabel tersebut bisa diketahui lebih dini dan memungkinkan terhadap tekanan yang mengarah pada inflasi kedepannya.
Selama ini BI fee tetap alat paling ampuh mengerem laju turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Sebelumnya,‎‎ Eric Alexander Sugandi, Ekonom Commonplace Chartered Bank Indonesia mengungkapkan, inflasi pada Agustus 2014 kemarin angka inflasi cukup rendah yaitu di degree zero,forty seven persen. Pelemahan rupiah memang sudah terfaktorkan pada pelemahan IHSG sebelumnya.
Meski begitu, dia menegaskan, komitmen kredit ini merupakan pertanda baik bagi Indonesia, mengingat selama ini dana dari Timur Tengah cuma menyasar negara maju yang menawarkan imbal hasil tinggi. Dalam kasus Indonesia, inflasi pada 2017 adalah three,61 persen (2017), kemudian three,25 persen (Januari 2018, 12 months on 12 months), three,18 persen (Februari), 3,40 persen (Maret) dan 3,forty one persen (April).analisa ekonomi proyek
Pasalnya jika kondisi global berubah maka elementary rupiah juga bisa ikut berubah. Presdir Financial institution Niaga Hashemi Albakri mengatakan perbankan masih memiliki basic yang kuat untuk menahan kenaikan BI Price sebesar 25 bps, sehingga apabila itu diperlukan untuk meredam inflasi tidak masalah jika dinaikkan. Per 03 Juli 2018 nilai tukar rupiah kembali mengalami pelemahan terhadap dolar AS. Di pasar spot, rupiah sempat menyentuh angka Rp 14.420 per dolar AS, degree terlemah sejak 2015.