Sidrap akan Jadi ‘Kota Listrik’

Juga staf Ahli Menteri ESDM, Agus Pambagyo, Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Syamsul Huda menyambangi PLTB Sidrap itu, kemarin Selain itu, hadir pula Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief, dan ADC Wakil Ketua KPK, Jamil Ali. Kunjungan mereka sebagai utusan presiden. Kini PT UPC Sidrap Bayu Energi sebagai pengembang PLTB masih melakukan proses pengaliran listrik ke jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Senior Project Developer PT UPC Renewables Indonesia, Niko Priyambada mengatakan, hingga saat ini sudah ada 23 turbin yang sudah berfungsi dengan kapasitas 56 MW yang tadinya baru 17 turbin. “Artinya masih ada 7 turbin lagi yang siap dioperasikan 2 hingga 3 minggu kedepan, dengan total keseluruhan 30 turbin dengan kapasitas 75 MW,” kata Niko.
Menteri Rini Rombak Direksi BUMN Karya April Mendatang
Laba Waskita Melesat Tajam Rp 4,2 Triliun
Dengan begitu, kata Niko mengklaim bahwa pada 23 Maret 2018 mendatang sudah bisa menjadi acuan bagi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan peresmian PLTB Sidrap yang berlokasi di pebukitan Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu. Sementara, Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Syamsul Huda mengaku, pihaknya saat ini masih belajar untuk bisa mengoperasikan PLTB yang sudah teraliri masuk ke PLN. “Terus terang ini merulakan PLTB pertama di Sulawesi. Jadi kami masih dalam tahap belajar untuk pengoperasian. Mudah-mudahan kita tidak mengalami kesulitan,” kata Syamsul.
PT RIFAN FINANCINDO
Ia menjelaskan bahwa di pulau Sulawesi masih ada 901 desa yang belum teralirih listrik. Itulah yang akan menjadi target PLN untuk merampungkan di 2018 ini. Menurutnya, banyak kendala yang dihadapi dalam pemenuhan 100 persen listrik diseluruh Sulawesi dengan berbagai tingkat kesulitan tersendiri. “Mudah-mudahan dengan adanya PLTB dan pembangkit energi listrik lainnya bisa mencapai target pemenuhan listrik diseluruh pelosok pulau Sulawesi,” tandasnya. Sebentar lagi, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menyandang status sebagai ‘kota listrik’. Sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) berkekuatan 75 MW, segera beroperasi di Sidrap. Proyek dengan dana U$D 150 dollar itu, segera diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mengawali groundbreaking itu, Kepala Biro Perencanaan ESDM, Agus Cahyono Adi, Staf Khusus Menteri ESDM, Hadi M Djuraid.