Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan I Stabil Meski Ada Tekanan Di Rupiah

KSSK diketuai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, terdiri dari Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santiso, dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah. Dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, kami melaporkan bahwa pada tahun ini kinerja Perseroan memberikan hasil yang cukup baik di tengah ekonomi global yang bertambah lambat dan pertumbuhan ekonomi domestik yang tidak sekuat perkiraan sebelumnya. Fokus PLN dalam pemerataan listrik di Indonesia adalah pada daerah-daerah terpencil dan perbatasan.
Pembentukan Dan Kewenangan Otoritas Jasa Keuangan (Establishment And Authority Of The Financial Services Authority)
Kondisi ini didukung oleh permodalan perbankan yang terjaga di level yang tinggi, jauh diatas ketentuan minimum, serta rasio kredit bermasalah yang cenderung meningkat namun masih terjaga. Tahun 2015 merupakan tahun yang dirancang untuk menapaki pertumbuhan baru dengan melakukan optimalisasi pertumbuhan strategi bisnis, melakukan pemantapan kualitas pelayanan, meningkatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan daya saing, serta menguatkan struktur permodalan.laporan triwulanan ojk 2014
RIFAN FINANCINDO - Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai
Terlihat bahwa Fed melakukan kenaikan tingkat suku bunga acuan secara perlahan meskipun kondisi pasar tenaga kerja yang masih belum terlalu baik dikarenakan inflasi yang masih rendah. Sri Mulyani menyampaikan kesimpulan rapat tersebut berdasarkan penilaian terhadap perkembangan moneter, fiskal, makroprudensial, sistem pembayaran, pasar modal, pasar SBN, perbankan, lembaga keuangan nonbank dan penjaminan simpanan.
“Sedangkan risiko dari domestik yang terus dicermati antara lain perkembangan nilai tukar rupiah, serta dampaknya terhadap stabilitas perekonomian, dana momentum pemulihan ekonomi yang sedang berjalan,” paparnya. Mempelajari laporan keuangan bukan ilmu eksakta, diperlukan seni dan kebiasaan sehingga lambat laun kita akan makin paham dan tak terasa seperti para musisi memahami notasi musik, kita juga akan bisa secara cepat mendengar nada perusahaan apakah merdu atau tidak dari membaca laporan keuangannya.
Cegah Kasus First Travel Dan Pandawa Terulang, OJK Minta Waspadai Investasi Bodong
Indikasi fundamental ekonomi yang baik sendiri terlihat dari revisi positif outlook pertumbuhan Indonesia oleh Dana Moneter Internasional (IMF). Pada bagian akhir buku ini biasanya terdapat laporan keuangan untuk tahun buku yang dimaksud. Kondisi APBN terus terjaga dengan defisit anggaran dan defisit keseimbangan primer APBN yang jauh lebih kecil dibandingkan kuartal I-2017, di mana realisasi penerimaan PPN tumbuh sebesar 15,03 persen dan penerimaan PPh Non Migas tumbuh sebesar 20,12 persen tanpa Tax Amnesty.
Menurut KKSK, kondisi tersebut ditandai dengan tingkat inflasi yang rendah sesuai target, neraca transaksi berjalan pada tingkat yang sehat, aliran masuk modal asing yang stabil, nilai tukar Rupiah yang terjaga, cadangan devisa yang menguat, kebijakan fiskal dengan tingkat defisit anggaran dan defisit primary balance yang lebih rendah dari target APBN-P 2017, kinerja perbankan dan pasar modal yang baik, tren performa SBN yang positif, kecukupan dana penjaminan simpanan, serta persepsi investor yang positif terhadap prospek perekonomian Indonesia ke depan.
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai kenaikan peringkat utang Indonesia oleh Moody`s dari Baa3 dengan outlook positif menjadi Baa2 dengan outlook stabil akan berdampak positif mendorong pertumbuhan industri jasa keuangan dan stabilitas perekonomian Indonesia. Tercatat dari 23,8 persen di tahun 2008 menjadi 15,05 persen di tahun 2017.Sementara tingkat pengangguran di NTB terus menurun dari tahun 2009 sebesar 6,25 persen.
Selain itu, momentum untuk menyalurkan kredit bagi perbankan juga didukung penurunan risiko kredit yang tercermin dari penurunan rasio NPL dari 2,45% menjadi 2,16%. Sejak 2015 silam pemerintah mengalihkan sebagian aset PIP kepada PT Sarana Multi Infrastruktur untuk menggenjot investasi di bidang pembangunan infrastruktur. Terlebih, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I tahun 2017 mencapai 5,01 persen.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal keempat tahun 2017 meningkat menjadi 5,2 persen tahun-ke-tahun dari 5,1 persen pada kuartal ketiga. Terakhir, masalah terjadi karena hubungan dekat antara elit politik dan elit korporasi di Indonesia (baik di tingkat pusat dan daerah). Di Eropa, pertumbuhan ekonomi juga diperkirakan lebih baik seiring dengan peningkatan aktivitas konsumsi dan kinerja ekspor yang meningkat.
Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir November 2017 tercatat sebesar USD347,3 miliar atau tumbuh 9,1% (yoy). Berdasarkan data BEI, level IHSG tertinggi sebelumnya berada di posisi 6.025 poin pada penutupan pasar 25 Oktober 2017. Namun, KSSK memandang masih ada potensi risiko eksternal maupun domestik yang harus dicermati. Implikasi positif juga terlihat dari peningkatan kesejahteraan masyarakat secara lebih adil dan merata yang ditunjukkan oleh tingkat kemiskinan dan Rasio Gini yang menurun menjadi 10.1 persen dan 0.39.